Rabu, 18 Februari 2015

Resep Soes isi Krim Keju

Kue soes adalah salah satu favoritnya anak-anak, termasuk anakku. Dann yang bikin si mas makin suka adalah isi soes buatan bundanya ini beda dari biasanya, karna isinya cream keju yang gurih khas keju. Mengingat soes yang biasa dijual berisi fla manis yaa. Selain si mas jagoan kecil, yandanya juga suka banget plus ipar-iparku suka, jadilah kalau ada acara keluarga aku bawain soes yang siap disantap ramai-ramai.

Resep soes ini sudah kumodifikasi kanan kiri dari resep bawaan kursus kue yang pernah kuikuti. Jadiii kalau mau dimodifikasi yaa monggo, kalau aku menggunakan takaran berikut sudah merasa paling pas :)

Bahan kulit soes :
Margarine                                                                           125gr
air putih                                                                              250ml
Telur                                                                                   sekitar 3 - 4 butir
Terigu protein sedang (segitiga biru yang bungkus putih)    150gr

Bahan isian cream keju:
Royal Krone                                                                         300gr
Sebagai informasi royal krone ini adalah sejenis margarine, hanya dijual di toko khusus bahan kue. Royal krone bisa dibilang perpaduan antara margarine dan butter sehingga aromanya wangi dan rasanya lebih lembut setelah di mixer, selain untuk isian soes aku sering pakai royal krone ini untuk cream lapisan di kue vanilla cheese cake. Kalau susah cari royal krone aku pernah pakai margarine merek dagang margarita, lumayan lembut juga kok.
Icing Sugar                                                                          100gr
Susu kental manis putih                                                        8 sendok makan
Keju blok diparut                                                                  sekitar 100-125 gram (sesuai selera, kalau anakku suka yang keju banget, jadi kubanyakin)
Royal Krone, icing sugar dan susu kental manis mixer sampai warna agak putih dan bervolume serta tekstur yang lembut, kalau aku pribadi biasanya mixer antara 15-20 menit. Setelah itu masukkan keju dan mixer dengan speed rendah sebentar, agar tekstur keju masih terasa. Atau sering keju kuaduk dengan spatula saja, supaya masih tetap kasar.

Cara Membuat :
1. Masak margarine dan air hingga mendidih.
2. Segera setelah mematikan kompor langsung masukkan tepung dan aduk sampai kental dan uap menghilang
3. Jika uap telah hilang lanjutkan mengaduk adonan dengan mixer sampai benar-benar dingin.
4. Pastikan adonan telah benar-benar dingin sebelum memasukkan telur satu persatu (Jika adonan masih panas akan membuat telur matang dalam adonan dan membuat soes kurang mengembang sempurna).
5. Jangan memasukkan telur sekaligus, untuk mendapatkan tekstur yang pas. Hentikan memasukkan telur ketika adonan telah berada pada perasaan atara kental dan tidak (apa siiih bahasanya) intinya jika mixer diangkat masih bisa jatuh, tapi berjejak.
6. Masukkan adonan dalam plastik segitiga yang telah diberi spuit bolongan besar dengan ujung bergerigi.
7. Beri tepung pada loyang agar soes tidak peyot. Kenapa tepung ? dan bukan mentega atau kertas roti ? jawaban pertanyaan ini lupa ya waktu itu perasaan ada yg nanya pas kelas kursus nya.
8. Bentuk adonan pada loyang, jangan terlalu besar dan jangan rapat karena akan mengembang. Kalau di keluargaku sukanya versi soes sedang yang tidak kebesaran, paling tidak pas untuk sekali caplok.
9. Panaskan oven dan masukkan loyang ketika sudah panas. Jangan buka-buka oven selama soes dibakar, cukup lihat aja dari kaca oven.
10. Jika soes sudah matang (kira-kira 20 menit di dalam oven) anginkan beberapa saat lalu beri bolongan dan isi dengan krim keju.Jangan isi ketika soes masih panas, karena krim keju akan meleleh di dalamnya.
Selamat menikmati :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar